Resep Nasi Tumpeng Spesial

By | December 25, 2019

Nasi tumpeng merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Nasi tumpeng banyak hadir di acara-acara penting. Nasi tumpeng menjadi pelengkap berbagai acara penting seperti acara peresmian dan acara ulang tahun. Tumpeng biasanya berisi nasi kuning yang dibentuk menyerupai gunung dengan lauk pauk seperti tempe, telor, ikan, olahan sayur, ayam, dan lain sebagainya. Ukuran maupun bentuk tumpeng sebenarnya fleksibel disesuaikan dengan keinginan si pemesan tumpeng. Isi lauk pauk yang disajikan juga bervariasi sesuai dengan selera.

Cara Membuat Nasi Tumpeng

Pertanyaan yang sering muncul yaitu mudah atau tidak membuat tumpeng? lalu bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat tumpeng? Mari sedikit mengulas cara membuat nasi tumpeng spesial dengan resep nasi tumpeng yang mudah dan enak.

  1. Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi tumpeng. Bahan-bahan yang diperlukan seperti beras, kunyit, berbagai lauk pauk yang dibutuhkan, santan, garam dan berbagai hiasan nasi tumpeng.
  2. Beras dimasak sampai tanak, memasak nasi dapat dilakukan dengan menggunakan rice cooker seperti memasak nasi pada umumnya. Hanya saja untuk nasi tumpeng biasanya menggunakan nasi kuning sehingga perlu ditambah dengan kunyit dan santan serta sedikit tambahan garam. Jika tidak ingin repot, saat ini sudah ada bumbu instan untuk memasak nasi kuning.
  3. Setelah nasi matang, maka langkah berikutnya yaitu membentuk nasi sesuai dengan keinginan. Biasanya dibentuk dengan menggunakan cetakan khusus.
  4. Meletakkan semua lauk pauk yang telah disiapkan di sekitar nasi tumpeng. Peletakan lauk dengan komposisi jumlah dan bentuk disesuaikan dengan keinginan.
  5. Hias nasi tumpeng spesial dengan hiasan seperti potongan cabai, tomat yang dibentuk menyerupai bunga, maupun hiasan-hiasan lainnya sesuai dengan selera.

Perkembangan Resep Nasi Tumpeng

Resep nasi tumpeng spesial sebenarnya cukup fleksibel disesuaikan dengan selera masing-masing tidak ada patokan khusus dalam membuat nasi tumpeng. Resep nasi tumpeng kini sudah sangat berkembang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing. Dahulu nasi tumpeng hanya berisi lauk seperti ayam goreng, telor gorek, orek tempe, urap-urapan. Namun saat ini nasi tumpeng hadir dengan lauk yang sangat beragam misalnya saja dengan penambahan sate.

Bagi pecinta makanan vegetarian lauk di nasi tumpeng dapat diganti dengan olahan yang hanya berasal dari sayuran atau olahan dari tumbuhan lainnya. Misalnya saja ayam diganti dengan jamur. Penggantian isi lauk pauk pada nasi tumpeng biasanya disesuaikan dengan kandungan gizi pada lauk tersebut. Daging ayam memiliki kandungan protein maka lauk penggantinya juga biasanya yang sama-sama memiliki kandungan protein.

Tidak hanya lauk pauk yang diganti. Nasi yang digunakan dalam nasi tumpeng tersebut juga tidak selalu nasi kuning. Dapat dengan menggunakan nasi putih biasa, atau bagi yang sedang dalam program hidup sehat dapat diganti dengan nasi merah. Perubahan tersebut tentu saja akan berbeda dari segi rasanya, akan tetapi tidak menjadi sebuah masalah karena memang tidak ada patokan khusus dalam membuat nasi tumpeng. Nasi tumpeng spesial bukan dilihat dari bahan apa yang ada didalamnya, akan tetapi dilihat dari esensi pembuatannya.

Nasi tumpeng yang memiliki penampilan berbeda justru akan semakin menjadi pusat perhatian. Semakin menarik penampilan dari nasi tumpeng maka akan semakin terasa spesial. Nasi tumpeng merupakan simbol, sehingga keberadaannya menjadi sangat diperhatikan, terutama bagi masyarakat Indonesia yang masih sangat menjunjung tinggi nilai budaya leluhur yang syarat akan makna.

Share Button