Kenali Tips Makan Mie Instan Yang Sehat Dan Aman

By | June 19, 2020

Tips Makan Mie Instan Yang Sehat Dan Aman

Tips Makan Mie Instan Yang Sehat – Banyak orang yang melakukan pencarian dari tips makan mie instan yang sehat. Hal ini berkaitan dengan munculnya pendapat yang menyatakan bahwa konsumsi mie instan itu bukanlah hal yang sehat. Bagi Anda yang menyukai mie instan, memang tidak ada salahnya jika mengkonsumsi makanan tersebut. Namun pastikan untuk mengkonsumsi jenis makanan lainnya pula. Seperti halnya jenis makanan yang lebih bergizi dan memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Untuk menjadikan sajian mie instan yang Anda konsumsi lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini :

Memasak mie instan dengan matang

Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan sajian mie instan yang aman dan sehat adalah memasaknya terlebih dahulu hingga matang. Karena seperti yang Anda tahu, mie instan telah melewati beberapa tahap pembuatan terlebih dahulu. Salah satu di antaranya adalah proses deep frying yang menjadikannya sebagai hidangan kering sehingga terbebas dari beragam jenis mikroba. Memang jika dikonsumsi secara mentah tidak akan membuat perut Anda sakit akibat zat berbahaya. Namun rasa sakit yang ditimbulkan umumnya hadir sebagai akibat karena usus bekerja dengan lebih keras. Hal ini terjadi sebagai akibat dari konsumsi mie instan yang tidak dimasak atau bahkan dimasak setengah matang.

Tidak hanya itu, mie instan yang dikonsumsi mentah juga dapat menimbulkan adanya reaksi kimia pada tubuh Anda. Hal tersebut tentunya akan mengganggu organ internal dan menimbulkan beberapa gangguan kesehatan, seperti mual, nafsu makan berkurang hingga cepat lapar.

Mengurangi takaran bumbu dari mie instan

Mie instan dikenal dengan rasanya yang sedap karena hadir dengan bumbunya yang lezat. Namun di dalam bumbu mie instan terdapat kandungan monosodium glutamat atau lebih dikenal dengan sebutan MSG. Sedangkan untuk saat ini MSG sendiri lebih sering disebut sebagai mecin yaitu zat yang memberikan rasa gurih dan lezat namun jika dikonsumsi secara berlebih tentunya dapat menimbulkan efek berbahaya. Salah satu efek yang ditimbulkan dari konsumsi mecin berlebihan adalah terganggungnya kesehatan otak.

Bahkan dalam beberapa kasus ada di antaranya orang-orang yang mendapatkan efek secara langsung. Efek tersebut hadir sebagai akibat dari konsumsi mie instan secara berlebih. Ada di antaranya yang mengalami kesemutan atau mati rasa di beberapa bagian tubuh, sakit kepala dan juga beberapa gejala kesehatan lainnya. Karena itulah untuk dapat mengkonsumsi mie instan dengan nyaman, maka pastikan untuk mengurangi takaran dari bumbu yang dimilikinya.

Hindari mencampur bumbu saat memasak mie instan

Banyak orang yang memasak mie instan dengan cara mencampur bumbu yang dimilikinya ketika mie sedang dimasak. Hal tersebut adalah tindakan yang salah. Pasalnya di dalam bumbu mie instan terdapat kandungan MSG yang tentunya apabila dimasukkan ke dalam air panas ia akan berubah menjadi zat karsinogen. Apa itu zat karsinogen? Zat karsinogen adalah salah satu jenis zat yang berbahaya dan dapat menimbulkan kanker di dalam tubuh manusia. Karena itulah, pastikan untuk mengikuti setiap aturan yang ada atau aturan yang tertera di dalam bungkus mie instan itu sendiri. Dengan mengikuti panduan memasak mie instan yang benar, maka Anda pun bisa mendapatkan sajian yang lebih aman untuk dikonsumsi.

Mie instan dikenal sebagai jenis makanan dengan kandungan karbohidrat serta lemak yang tinggi. Sedangkan untuk bagian lainnya seperti serat, protein, vitamin serta mineral justru terbilang rendah. Karena itulah untuk mendapatkan gizi yang lengkap maka sebaiknya mie instan dikonsumsi dengan jenis makanan lainnya yang lebih bergizi. Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan sayuran, daging, telur atau bahkan sarden untuk melengkapi sajian mie instan dengan lebih sehat.

Salah satu jenis sayuran yang cocok untuk dikonsumsi dengan mie instan adalah sawi. Pasalnya sawi memiliki banyak kandungan zat berkhasiat dimulai dari vitamin A, B, C, E serta K. Ia juga dikenal dengan kandungan kalori tinggi, kalium, kalsium, fosfor hingga zat besi. Sedangkan selain sayuran, Anda juga dapat memanfaatkan makanan bergizi lainnya seperti telur yang kaya protein, daging, juga bahan alami lainnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda dengan baik.

Hindari konsumsi mie instan terlalu sering

Mie instan dikenal sebagai sajian yang terbuat dari bahan utama tepung terigu. Sedangkan tepung terigu itu sendiri berasal dari gandum. Karena itulah mie instan dapat diartikan sebagai pengganti nasi. Tidak heran jika banyak pendapat menyatakan bahwa konsumsi mie instan tidaklah berbahaya. Namun jika Anda mengkonsumsi mie instan secara terus menerus dan tidak atau bahkan jarang melakukan aktivitas fisik, maka dapat dipastikan akan ada dampak buruk yang menghampiri Anda. Salah satu di antaranya adalah obesitas dan diabetes.

Hal ini berkaitan dengan kandungan karbohidrat tinggi di dalam mie instan, sedangkan kandungan seratnya terbilang rendah. apalagi jika konsumsi mie instan tidak disertai dengan bahan pelengkap lainnya, maka nilai gizi yang dihasilkannya pun akan berkurang. Selain menjadikan Anda yang mengkonsumsinya kekurangan energi, Anda juga akan merasakan dampak lainnya seperti sembelit, mudah lapar dan bentuk tubuh yang terus membesar.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi dapat Anda lihat bahwa mengkonsumsi mie instan tidaklah berbahaya. Akan tetapi jika dilakukan secara terus menerus dan tidak disertai dengan aturan yang tepat, maka ia pun akan menunjukkan dampak yang cukup berbahaya. Hal tersebutlah yang menjadikan mie instan sebagai sajian yang kurang sehat untuk dikonsumsi. Dalam hal ini, mie instan hanya berperan sebagai makanan pengganti yang dalam penyajiannya pun dibutuhkan bahan pelengkap untuk menambah kandungan gizi yang dimilikinya.

Itulah kiranya penjelasan singkat dari beberapa tips makan mie instan yang sehat dan aman dari penulis kali ini.

Share Button