Kuliner Enak Khas Jogja

By | March 26, 2021

Kuliner Enak Khas Jogja – Ketika pergi ke suatu kota atau daerah, pasti banyak orang yang memilih untuk melakukan kulineran. Dalam hal ini maksudnya adalah mereka berlibur untuk merasakan berbagai macam rasa makanan khas daerah tersebut. Namun karena pandemi ini, membuat banyak orang juga tidak lagi leluasa untuk mencari kuliner khas daerah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa catering.

Jasa catering tersebut akan membantu Anda agar bisa merasakan rasa makanan khas daerah tersebut tanpa harus secara langsung keluar rumah. Akan tetapi untuk Anda yang masih merasa bingung memilih jenis makanannya, berikut adalah makanan khas Jogja yang bisa dinikmati.

Kuliner Enak Khas Jogja

10 Kuliner Enak Khas Jogja yang Terkenal di Indonesia

  • Kue Geplak

Jenis makanan yang pertama bisa Anda coba adalah kue geplak. Kue ini terbuat dari campuran adonan kelapa yang diparut, gula dan tepung. Hidangan yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh makanan manis. Hal ini karena rasanya memang manis. Selain itu, kue geplak dengan bentuk bulat ini juga memiliki warna yang menarik. Ada berbagai macam warna menarik sehingga cocok untuk anak-anak.

  • Nasi Tiwul

Ketika Anda ke Jogja maka harus mencicipi kuliner yang satu ini. Kuliner ini dulunya adalah makanan pokok khas Jogja yang terbuat dari singkong kering. Dulunya, makanan ini memang khas dengan kemiskinan. Namun sekarang justru menjadi makanan khas daerah Jogja.

Nasi tiwul ini biasanya akan dihidangkan dengan lauk-lauk ikan atau olahan kare. Akan tetapi sekarang ini sudah tidak banyak yang menjual makanan ini. Untuk itu jika Anda ingin merasakan makanan ini, biasanya lebih baik memesan melalui catering.

  • Yangko

Kuliner enak khas Jogja murah yang juga termasuk dalam camilan atau kue adalah yangko. Anda bisa menemukan kue atau jajanan ini dengan mudah di toko-toko hingga juga pesan secara catering. Yangko ini memiliki bentuk yang khas yaitu kotak dengan rasa kenyal dan lembut. Untuk rasanya sendiri manis dan juga gurih. Yangko ini khas dengan taburan tepung di atasnya sebagai ciri khasnya.

  • Tengkleng

Hidangan yang satu ini banyak dikira dengan gulai. Sekilas memang tampilannya sama dengan gulai kambing. Hanya saja hidangan ini memiliki kuah yang lebih encer bahkan sedikit.

Artikel Pilihan : Pesan Nasi Tumpeng di Tomang

  • Gatot

Jika dilihat dari namanya, mungkin banyak orang tidak mengira bahwa ini adalah nama makanan. Gatot merupakan makanan khas dari Jogja yang termasuk dalam jenis makanan ringan. Makanan ini terbuat dari bahan gaplek atau singkong yang dikeringkan. Singkong akan dikupas dan cuci hingga bersih kemudian pengeringannya dengan sinar matahari.

Gatot tersebut akan diolah kembali hingga teksturnya sedikit lunak. Untuk memberikan rasa gurihnya, maka bagian atasnya akan ada kelapa parut yang cita rasa gurih sedikit asin.

  • Krecek

Makanan khas dari Jogja selanjutnya adalah krecek. Krecek ini ternyata termasuk jenis sambal khas dari Jogja. Biasanya Anda akan menemukan banyak sambal krecek di menu makanan gudeg. Hal ini karena sambal ini cocok dijadikan tambahan untuk gudeg yang banyak memiliki rasa manis. Sehingga juga akan menambah rasanya yang khas dan selera makan Anda.

Cukup banyak juga yang jual kuliner enak khas Jogja ini karena memang populer. Mulai dari di toko-toko, warung pinggir jalan hingga catering. Jadi ketika Anda ke Jogja juga tidak perlu khawatir kesulitan menemukan makanan ini.

  • Bakpia Pathuk

Ketika Anda berjalan-jalan ke Jogja, pasti akan menemukan banyak penjual bakpia pathuk. Bakpia memang makanan khas dari Jogja yang banyak digunakan untuk oleh-oleh. Kuliner yang satu ini terbuat dari kacang hijau halus yang dicampur dengan gula. Campuran tersebut nantinya akan dibungkus dengan kulit dari tepung.

Kue yang satu ini memiliki tekstur yang kering atau krispi bagian luarnya. Namun untuk bagian dalamnya lembut. Sekarang ini bakpia puthuk juga memiliki berbagai macam jenis rasa yang bisa Anda coba. Misalnya coklat, durian, keju dan lainnya. Dengan begitu Anda bisa menjadikan bakpia ini sebagai oleh-oleh dengan berbagai macam rasa.

  • Sate Klatak

Menu wajib yang satu ini juga perlu Anda coba. Terutama jika memang menyukai daging kambing. Sate ini berbeda dengan jenis sate kambing biasanya. Jika sate kambing akan dimakan dengan bumbu kacang dan kecap, sate ini sebaliknya. Cara untuk menikmati sate klatak adalah dengan kuah gulai.

Sate ini juga menggunakan daging kambing muda yang ditusuk dengan jeruji. Nama klatak itu sendiri, berasal dari bunyi “klatak-klatak” saat daging dibakar. Anda bisa pesan kuliner enak khas Jogja ini melalui catering yang lebih praktis.

  • Gudeg

Jogja merupakan kota yang memiliki makanan khas berupa gudeg. Gudeg ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg manggar. Jika Anda ingin membeli gudeg ini untuk oleh-oleh, gudeg kering adalah pilihan yang tepat.

Hal ini karena gudeg kering lebih bisa bertahan lama dan tidak mudah basi. Namun jika ingin menikmatinya, juga bisa memesan ketiga jenis gudeg tersebut melalui catering.

Gudeg yang merupakan makanan khas ini cocok untuk Anda yang suka makanan manis. Kebanyakan semua lauknya diolah dengan campuran kecap. Itu juga yang membuat warna dari makanan ini kebanyakan kecokelatan.

  • Kue Adrem

Kuliner enak khas Jogja terakhir yang bisa Anda coba adalah kue adrem. Kue ini terbuat dari gula merah dan tepung beras. Jika biasanya kue akan menggunakan kukusan atau oven, kue ini justru digoreng. Rasanya yang manis sangat cocok untuk hidangan penutup.

Share Button